
Bedah Jurusan Matematika Universitas Bestari, Apakah Hanya Soal Hitungan ?
Bedah Jurusan Matematika Universitas Bestari, Apakah Hanya Soal Hitungan ?
Oleh : Fatmawati, S.Pd.,M.Pd
Visi Prodi Matematika
Visi program studi menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan dengan karakter keilmuan, kependidikan dan profesional yang kompetitif dan relevan dengan tuntutan dunia kerja, melalui pelaksanaan proses pendidikan yang bermutu.
Misi Prodi Matematika
Memberikan layanan akademis dan administratif yang bermutu bagi seluruh Sivitas akademika
Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan dan relevan dengan bidang keilmuan serta keadaan di lapangan
Meningkatkan mutu program studi secara bertahap dan berkelanjutan melalui program pengembangan dalam aspek kependidikan, SDM dan sarana prasarana.
TUJUAN
Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian Pendidikan Matematika
Menghasilkan lulusan yang memahami ilmu pendidikan dan memliki jiwa pendidik yang kredibel berlandaskan kepribadian yang luhur dan nilai sosial kemasyarakatan
Menghasilakan lulusan yang memiliki kemampuan kerja yang mandiri dan bekerjasama secara berkelompok, mampu menempatkan diri secara profesional dalam konteks pekerjaan dan kemasyarakatan, serta memilki figur yang dapat diteladani lingkungan tempat beraktifitas
Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter akademis yang ajeg, sehingga mampu mengembangkan keilmuan dan wawasannya secara mandiri, mampu melaksanakan penelitian ilmiah, dan mampu menyampaikan ilmu yang ia miliki kepada orang lain dengan tetap berpegang pada nilai dan standar akademis.
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN
A. Profil Lulusan
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Banten dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai berikut :
1. Pendidik dibidang matematika
2. Penelitian pendidikan matematika
3. Eunterpreneur dan edupreneur
B. Deskriptif profil lulusan sebagai berikut :
Tabel 2.1 Profil Lulusan
No |
PROFIL |
DESKRIPSI |
1 |
Pendidik dibidang pendidikan matematika |
Pendidik yang memiliki keahlian Pendidikan Matematika; memahami ilmu pendidikan dan memliki jiwa pendidik yang kredibel berlandaskan kepribadian yang luhur dan nilai sosial kemasyarakatan; memiliki komunikasi yang baik, bersifat kritis, kreatif, dan inovatif dalam merencanakan dan mengevaluasi pembelajaran; menguasai TIK pada era revolusi 4.0 dan mampu mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran |
2 |
Peneliti pendidikan matematika |
Peneliti pendidikan matematika menguasi metodelogi penlitian khususnya bidang pendidikan matematika; menguasai tata tulis karya ilmiah; mampu mengikuti informasi dan isu-isu up to date dalam bidang pendidikan matematika, menilai keabsahannya, mengolah, menyajikan dan menginterprestasikan data maupun informasi dari berbagai sumber |
3 |
Eunterpreneur dan Edupreneur |
Menguasai ilmu kewirausahaan; dan mampu mengembangkan usaha sendiri secara umum; serta dengan bidang ilmu yang ditekuni mampu menjadi edupreneur (pengusaha dalam bidang pendidikan) khususnya pengembanga multimedia pembelajaran matematika terutama yang berbasis teknologi |